Tugas Framework I (Data Penyakit)
Kelompok :
1. Hendra Mawan (09018174)
2. Guswan
3. Alka
4. Ikhwan Sujatmiko (09018206)
5. Erwin A Latif (09018205)
Catatan;
Ubah ekstensi .doc menjadi .rar
Just a little bit different
September 27, 2012
Tugas Framework I (Data Penyakit)
Kelompok :
1. Hendra Mawan (09018174)
2. Guswan
3. Alka
4. Ikhwan Sujatmiko (09018206)
5. Erwin A Latif (09018205)
Catatan;
Ubah ekstensi .doc menjadi .rar
June 16, 2012
Silakan dicek alamat blog http://blog.uad.ac.id/achicha/2012/06/15/deskripsi-lbs-nobar-nonton-bareng/ ini dulu buat liat deskrpsi dari awal.
Oke, udah di cek? mari kita bahas scene selanjutnya.
Kali ini tugas proyeknya cukup ribet unik, jadi 1 kelompok ni di bagi 4-5 org, trus dibagi job buat ngejelasin materi pembuatan software satu-satu sesuai porsinya, dan gw kali ini bakal ngejelasin Reuirements apa aja buat ngebangun software LBS kelompok kami.
Cek this one out.
User Requirement
Disini end-user diharapkan mampu untuk melakukan:
– Pencarian lokasi dimana acara nobar (nonton bareng) UERO sedang di adakan.
– User dapat melihat rincian dari deskripsi tempat, alamat lengkap tempat nobar, waktu penayangan.
Contoh kasus untuk end-user:
A:”jo, nonton dimane ntar malem Spanyol-Jerman (berasa final)”?
B:”di kos aje, emang ngape?”
A:”dah, ikut gw ja yuk. kesini nih (si A sambil ngeliatin aplikasi Nonbar di Android barunya), kafe Europe “(fiksi)
B:”dimane no?”
A:”disini nih sekitar gondomanan, bla-bla…. ” (si A mengklik detail dari kafe Europe untuk menjelaskannya pada si B, dan pembicaraan terus berlanjut sampai esok paginya) ^.^
System Requirement
simple nya maksudnya disini apa aja sih yang kami butuhkan untuk membangun aplikasi ini.So, here the list
– OS (Operating System) : Windows 7 (platform lain juga bisa)
– database: SQL
– PHP
– framework jQuery Mobile
Oke, cukup sekian.. gw agak blur soalnya kalo ngomongin mobile (secara gx punya gadgetnya T.T), tapi sebagai developer harus bisa mengakalinya, dengan minjam contohnya ^o^ (muka pinjam).
Dan ini adalah mock-up dari rancangan aplikasi yang akan kami buat http://blog.edwinandrianto.net/rancangan-design-nonbar-com/
Semoga siapapun yang melihat blog ini gx bingung dan langsung membakar monitornya (maaf, kalau kurang jelas).
“Oke, sekian dari saya, apa teman-teman ada yang bertanya?”
“Oh, tidak ada ya”
“Baiklah, WsWrWb” (macam persentasi ^.^)
June 10, 2012
June 10, 2012
AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Pada dasarnya ajax menggunakan XMLHttpRequest object Javascript untuk membuat request ke server secara asynchronous atau tanpa melakukan refresh halaman website. Yang dibutuhkan agar ajax dapat berjalan adalah javascript harus di enable pada browser yang digunakan. Walaupun javascript merupakan dasar dari Ajax, dimana javascript sangat susah pada implementasi dan maintenance, tetapi Ajax memiliki struktur pemrograman yang lebih mudah untuk dipahami. Anda tinggal membuat object XMLHttpRequest dan memastikan object tersebut terbentuk dengan benar. Kemudian menentukan kemana hasilnya akan ditampilkan atau dikirim.
Ajax dapat digunakan untuk melakukan banyak hal, seperti loading halaman HTML tanpa refresh halaman web, validasi form dan banyak lagi yang bisa dilakukan dengan ajax. Di tutorial ini Ajax akan dipadukan dengan bahasa pemrograman PHP yang sangat powerfull. Ajax bertugas melakukan request ke web server dan PHP yang berada di server akan melakukan apa yang diminta oleh Ajax, mengirim hasilnya ke web browser dan Ajax menampilkannya kepada user. Karena Ajax dibangun dengan javascript maka untuk dapat mengikuti tutorial ini dengan baik anda perlu memiliki dasar-dasar javascript. Selain itu anda juga perlu memiliki dasar-dasar pemrograman PHP. Jika anda belum memiliki dasar-dasar PHP anda dapat memperoleh tutorialnya di website ini. Sedangkan untuk tutorial javascript anda bisa memperolehnya dari berbagai sumber yang ada di internet.
Untuk mengetahui bagaimana konsep dari Ajax anda perlu mengetahui bagaimana sebuah web browser memproses sebuah request dan menerima sebuah response dari web server. Standar yang digunakan web browser pada saat ini adalah HTTP (HyperText Transfer Protocol). HTTP digunakan oleh web browser untuk mengirim request dari website ke web server dan kemudian menerima response dari web server. HTTP request berkerja seperti email, memberitahukan kapan request dikirim, berisi header yang memberitahu apa yang harus dilakukan server dan bagaimana menghandle request tersebut.
Sekali sebuah request diterima, web server kemudian menentukan response apa yang akan diberikan.
Terdapat banyak request method yang ada, tetapi yang paling sering digunakan adalah GET dan POST. Sekarang anda telah memiliki bayangan bagaimana request dikirim ke web server dan kemudian web server mengirim response dari request tersebut ke web browser, akan mudah bagi anda untuk memahami bagaimana XMLHttpRequest berkerja. Keduanya sangat mirip, tetapi XMLHttpRequest dioperasikan di belakang layar dan tanpa memerlukan refresh halaman.
Ajax bisa dibilang adalah sebuah konsep untuk menerangkan interaksi antara client-side XMLHttpRequest Object dengan script server-side. Untuk membuat request ke web server menggunakan Ajax, anda harus membentuk Object XMLHttpRequest terlebih dahulu. Untuk membentuk object XMLHttpRequest berbeda pada setiap browser. Pada microsoft internet explorer object dibentuk sebagai ActiveX control, sedang pada browser seperti Firefox dan safari menggunakan basic javascript object.
Setelah XMLHttpRequest terbentuk, terdapat beberapa method atau fungsi yang bisa digunakan. Method-method tersebut dijelaskan di bawah ini.
Date: Sun, 13 Nov 2005 22:53:06 GMTXMLHttpRequest memiliki properti yang dapat digunakan dan dimanipulasi, seperti dijelaskan di bawah.
Untuk membentuk sebuah object XMLHttpRequest anda dapat menggunakan kode berikut ini :
function getXMLHttpRequest(){
//jika user menggunak IE
if(window.ActiveXObject){
return new ActiveXObject("Microsoft.XMLHTTP");
}else if(window.XMLHttpRequest){
//user menggunakan browser selain IE
return new XMLHttpRequest();
}else {alert("Status : can not create XMLHttpRequest Object");}
}
Setelah selesai membuat object XMLHttpRequest anda dapat mengirim request ke server. Saat mengirim request ke server anda harus menentukan request method yang digunakan, apakah akan menggunakan GET atau POST. Jika anda ingin menampilkan informasi dari server maka anda akan menggunakan method GET, sedangkan jika anda mengirim informasi ke server maka gunakan method POST. Pada tutorial ini ada akan belajar menggunakan method GET (POST akan dijelaskan pada tutorial selanjunya). Untuk mengirim request ke server menggunakan method GET, anda dapat menggunakan kode di bawah.
var xmlhttp=getXMLHttpRequet();
function sendRequest(pageUrl,elementID){
var obj=document.getElementById(elementID);
var obj.innerHTML='loading... please wait';
if(xmlhttp.readyState==4 || xmlhttp.readyState==0){
xmlhttp.open("GET",pageUrl,true);
xmlhttp.onreadystatechange=function(){
if(xmlhttp.readyState==4 && xmlhttp.status==200){
obj.innerHTML=xmlhttp.responseText;
}
}
xmlhttp.send(null);
}
}
function di atas mengambil parameter HTML element ID dan URL dari file yang ada di server. Pertama yang dilakukan adalah mengganti properti innerHTML dari HTML element, untuk menampilkan text “loading…please wait”. Kemudian membuka koneksi ke server dengan method open(). Jika properti readyState sama dengan 4 (complete) dan status sama dengan 200 (OK) maka tampilkan response dari server dengan mengganti properti innerHTML dari element HTML dengan properti responseText dari object XMLHttpRequest
Sumber : http://www.satriamultimedia.com/artikel_teknologi_ajax.html#.T9QdeFIb4yA
May 29, 2012
Postingan kali ini untuk memenuhi tugas Kuliah Pemograman Web..Progr
Oke, langsung saja, berikut source codenya;
silakan di download disini;
http://www.4shared.com/rar/0KIMb3KA/looping.html
http://www.4shared.com/rar/UA8wD5Gb/inputeksekusi.html
http://www.4shared.com/rar/ss_wk6Wm/calculator.html
Oiya, jangan lupa karena ini file .php jalaninnya di localhost.
April 6, 2012
Menjadi “Programer Handal atau Programer level Dewa” adalah bukan atas usaha 2-3 hari, tapi hasil kerja keras bertahun-tahun dengan menempa diri di gunung depan komputer, dengan kitab buku tebal menjulam..dan kemampuan berpikir diatas rata-rata manusia normal..! hehe.. Dulu, aku berpikir seperti itu, namun ketika ku memulai belajar pemograman akhirnya ku mengerti..”Makhluk Troll pun bisa melakukan Coding, asal mempunyai niat dan semangat”.. Berikut adalah tips2 yang mungkin bisa membantu kita dalam bidang pemograman;
Semua tips2 di atas semoga dapat membantu, dan selamat mempraktekkan..
Source : http://www.binushacker.net
March 28, 2012
Tugas Pemograman Web, bisa d unduh di
http://www.4shared.com/rar/p2SyUcdy/PEWEB_GALAU.html
March 21, 2012
http://www.papantulis.com
website untuk membuat whiteboard via online
Berguna untuk membantu dalam proses belajar mengajar secara elearning (online)
keunggulan website ini akan lebih bermanfaat jika difungsikan dengan sistem online dengan mengundang orang lain untuk join chat via text atau video sehinggu bisa melakukan brainstorming bersama
level pengguna; beginner, intermediate, advance
difungsikan agar pengguna internet pemula pun mampu membuat dan ikut serta dalam kegiatan brainstorming dalam grupnya
menu-menu yang ada;
menampilkan kanvas kosong (area kosong) sebagai tempat untuk menggambar
cukup klik kiri dan gerakkan mouse untuk mulai menggambar dan coba untuk menggambar suatu bentuk khusus, misal: kotak,
nanti secara otomatis akan membentuk kotak sempurna (shapes), dan cukup klik dimana saja untuk memasukkan text
button-button dalam menu menggambar
new file
save file ke komputer (offline)
save file ke akun (online)
undo
redo
insert doc.
insert pict.
pencil
erraser
font
colour
share/chat
setting : pengaturan lebar canvas, dll
Berisi contoh-contoh bentuk flowchart sebagai acuan untuk pengembangan awal proses brainstorming
dapat pula berisi diagram-diagram ataupun gambar
Berisi toolkit atau shapes khusus untuk memudahkan expresi penulisan/penggambaran ,misal shape bintang, comic, atau simbol-simbol lain
berisi penjelasan menu-menu yang ada pada website ini
pengguna harus login terlebih dahulu untuk melihat atau ikut dalam grup yang sedang melakukan braistorming menu ini berisi list daftar nama grup yang pernah terdaftar dalam website ini dan file-file yang tersimpan di dalamnya.
Cara invite/sharing file
cukup login dengan akun pemilik grups (contoh dosen ingin memulai jam elearningnya) invite mahasiswanya dengan cara klik menu invite/sharing kemudian akan muncul dialog box untuk menginputkan email tujuan beserta link agar mereka bisa langsung masuk ke grup.Jadi, cara invite menggunakan email.
Pada dasarnya website ini dengan menu Menggambar, dll adalah gratis tanpa harus mempunyai akun terlebih dahulu, namun
ketika ingin menshare/membuat grup bersama, semua pihak harus mempunyai akun di website ini.
File-file hasil brainstorming, bisa di share secara luas (orang lain diluar grup bisa melihat) jika si pembuat grup menginginkannya.
November 4, 2011
Fitur-fitur API (Application Programming Interface) yang dimiliki oleh setiap fitur/teknologi dalam Android dan iPhone.
Fitur Application Programming Interface (API) yang ada pada Android. Fitur baru yang menambahkan API (Application Programming Interface) baca dan tulis untuk chip NFC (Near Field Communication), yaitu :
Fitur Application Programming Interface (API) yang ada pada iPhone.