Tepat tanggal 28 April 2011 Canonical sebagai pemegang merk ubuntu akan merilis Ubuntu versi 11.04 dengan codename Natty Narwhal. Hal ini juga merupakan lanjutan siklus rilis dari Canonical yang selalu merilis versi terbarunya tiap 6 bulan sekali. Perubahan paling mencolok dari rilis ini yaitu dengan digunakan Unity sebagai Desktop Enveroment default yang sebelumnya menggunakan GNOME. Hal ini juga yang banyak ditentang oleh para pengguna setia ubuntu yang terlanjur mencintai GNOME, tapi sepertinya Canonical punya alasan sendiri dengan tetap menggunakan Unity. Mereka melihat persaingan di dunia Sistem Operasi akan menuju ke tablet dan Unity adalah Desktop Interface paling tepat untuk tetap dapat bersaing.Walau belum merilis secara resmi tapi anda dapat mencoba ubuntu terbaru ini yang dapat di download situs resmi ubuntu.

Sejak pertama di install anda akan disuguhkan tampilan unity yang memang tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya dengan tombol launcher yang khas walau tampak tidak fleksibel saat pertama menggunakan.

Secara sepintas memang tidak jauh beda dengan versi GNOME yang dulu digunakan tapi setelah menjelajah lebih dalam akan mendapati beberapa perubahan yang sangat mencolok dari unity ini.


Perubahan tidak hanya dari Desktop Enviromentnya tapi juga perubahan susunan formasi dari paket-paket aplikasi yang terinstall di dalamnya. Banyak hal yang baru dalam rilis Alpha kedua 11.04 (Ubuntu Natty Narwhal), tetapi perubahan yang paling penting adalah bahwa telah diakhirinya penyertaan Oracle OpenOffice.org 3.2 dan diganti dengan yang baru dan ringan LibreOffice 3.3 paket office suite sumber terbuka dari The Document Foundation. Selain itu, Ubuntu 11.04 Alpha 2 ini telah didukung oleh kernel Linux 2.6.38 RC2 dan semua paket utama sekarang dibangun dengan Python 2.7.

Perubahan menarik lainnya adalah penggantian pemutar audio Rhythmbox dengan media player Banshee 1.9.2. Network Manager applet kini telah mendukung appindicator, dan Mozilla Firefox 4.0 , Transmisi 2.13 telah tersedia dalam rilis uji coba ini.


Ubuntu 11.04 memuat X.org Server 1.10, Mesa 7.10 dan X.Org 7.6 . Ini berarti bahwa telah tersedia dukungan untuk grafis Sandy Bridge, dukungan 3D yang lebih baik untuk AMD ATI Radeon, mendukung lebih banyak ekstensi OpenGL dan fungsionalitas multi-head yang lebih baik.

Ubuntu 11.04 edisi server juga mendapatkan beberapa fitur penting, seperti versi baru Powernap 2.0, yang menggunakan metode baru untuk mengurangi konsumsi daya sampai 14 persen dalam banyak kasus. Powernap 2.0 juga dapat memonitor aktivitas sistem (load, process IO, processors), aktivitas pengguna (Console, Keyboard, Mouse) dan aktivitas jaringan (WOL (wake-on-lan), port TCP, UDP). Mcollective dan Cobbler juga tersedia di Ubuntu 11.04 Alpha 2 edisi server!