(Foto : Dailymail)

South Tyneside, Bagi Mike Hallowell tertawa adalah musibah. Ia harus memasang muka datar dan tidak boleh tertawa saat menonton film komedi atau mendengar lelucon jika tidak ingin pingsan. Mike menderita penyakit saraf yang sangat aneh dan langka, yaitu pingsan seketika jika tertawa.

Film komedi atau lelucon seharusnya menjadi satu bentuk hiburan yang menyehatkan. Namun bagi Mike Hallowell, seorang ayah dari tiga orang anak itu, sebisa mungkin menghindari tertawa. Bahkan dokter menyarankan agar ia menahan diri dan tetap memasang muka datar jika ingin tertawa.

Pria yang berasal dari South Tyneside, Inggris itu didiagnosa menderita penyakit yang sangat langka dan aneh, yaitu narcolepsy dan cataplexy. Karena penyakitnya itu, Mike bisa langsung pingsan jika tertawa berlebihan.

Dokter menduga bahwa penyakit Mike berasal dari operasi gigi yang dijalaninya 6 tahun silam. Menurut Mike, ia akan merasa ototnya lemas dan tidak bertenaga seketika jika emosinya sedang tinggi, seperti tertawa dan juga ketakutan.

“Pernah suatu saat saya sedang menonton film komedi dan ada adegan yang membuat saya tertawa, saat itu pula telepon berdering. Ketika saya mencoba berdiri untuk mengangkat telepon, saya langsung terjatuh ke lantai,” tutur Mike seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (10/11/2009).

“Kejadiannya terjadi dengan sangat cepat setelah saya tertawa,” katanya.

Mike pertama kali pingsan saat menonton serial komedi Rab C Nesbitt. Tak hanya pingsan saat tertawa (cataplexy), Mike juga bisa langsung tertidur saat tertawa atau mengalami ketakutan tingkat tinggi (narcolepsy).

Saat ini, Mike ditangani oleh Dr Paul Reading dari James Cook University Hospital di Middlesbrough, seorang spesialis neurolog yang paling handal di Inggris. Meski begitu, Paul mengatakan bahwa penyakit Mike tidak ada obatnya, yang bisa ia lakukan hanya menghindari tertawa.

“Saya bisa tertidur tujuh hingga delapan kali sehari. Saya jadi tidak bisa pergi kemana-mana karena takut tertidur. Pernah saya tertidur dalam sebuah bus yang menyetel siaran radio talkshow bertopik komedi. Saya baru sadar tertidur karena saya berada di tempat semula saya naik bis,” ujar Mike.

Meski Mike tahu bahwa penyakitnya tidak bisa diobati, namun ia tetap suka menonton film komedi. “Serial komedi favorit saya adalah Bottom. Saya tetap menontonnya, tapi saya harus berusaha sekuta tenaga untuk tidak tertawa ketika menonton. Untungnya istri saya sangat sabar. Saya tidak tahu apa jadinya jika tidak ada dia,” kata Mike.