Jogjakarta – Sering lupa menaruh kunci? Atau bahakan sering lupa membawa handphone? Berhati-hatilah, siapa tahu Anda kekurangan lemak nabati yang menyebabkan menurunnya daya ingat. Simak info lengkapnya di sini!

Lupa membawa sesuatu kadang terlihat sepele, tapi kalau hampir setiap hari lupa? Hmm.. itu harus diwaspadai! Mungkin ada yang salah dengan makanan yang Anda makan, sehingga mengganggu daya ingat Anda. Sebuah penelitian belum lama ini menemukan bahwa lemak menjadi salah satu hal yang penting dalam menunjang daya ingat.

Keterhubungan antar mengkonsumsi lemak dan mempertahankan daya ingat pernah menjadi alat untuk bertahan hidup; disaat nenek moyang kita menemukan sumber makanan bergizi yang ternyata sangat membantu mempertahankan hidup, membuatnya memngingat bagaimana mendapatkan lebih nutrisi itu.

Hasil penelitian ini pernah dipublikasikan pada bulan Mei 2009 dengan judul Proceedings of the National Academy of Sciences mengenai keterhubungan lemak dengan kemampuan untuk mengingat. Saat mencerna lemak yang mengandung asam oleat ‘baik’ asam lemak tak jenuh tunggal yang banyak ditemukan dalam minyak zaitun, ikan, kacang-kacanganan dan juga kedelai-dalam usus kecil menghasilkan molekul yang disebut dengan oleoylethanolamide (OEA). OEA inilah yang menjadi reseptor dalam usus, dan mengirimkan sinyal ke otak kita.

Salah satu sinyal yang dikirimkan ini berakhir di suatu bagian di otak yang disebut dengan hipotalamus. Bagian inilah yang menyampaikan rasa yang memuaskan perasaan. Dan memberikan pesan kepada otak tentang kenangan emosional jangka panjang.

Daniel Piomelli, Ph.D, Pharm.D bersama dengan rekannya Irvine di University of California, mencoba menyuntik seekor tikus dengan OEA setelah menguasai dua tantangan satu ruang satu emosional. Tikus tersebut mampu menghindari sebuah ruangan dimana mereka dikejutkan. Mereka dapat mengingat dua kali lebih kuat setelah 48 jam menerima OEA.

Piomelli mengatakan bahwa penelitian yang terdahulu menunjukkan bahwa OEA memungkinkan membantu orang-orang membentuk sejenis kenangan yang sama. Tapi masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut. OEA ini diharpakan membantu orang-orang dengan masalah daya ingat atau yang mengalamai kemunduran pada otak seperti Alzheimer.

Sementara itu, untuk menghasilkan OEA secara alami mulailah untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan salmon, minyak sayur, dan sumber lemak nabati lainnya. Makanan tersebut membantu Anda untuk mengingat lebih baik. Lemak nabati tadi diserap dan OEA dihasilkan sekitar 10-20 menit setelah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. “Usus dan otak yang baik dan dalam kondisi prima mampu memperkuat kenangan dan meningkatkan daya ingat,” ujar Piomelli menerangkan.